Pj Bupati Lotim resmikan Pustu Desa Bandok: Pelayanan harus diutamakan! - OPSINTB.com | News References -->

24/01/24

Pj Bupati Lotim resmikan Pustu Desa Bandok: Pelayanan harus diutamakan!

Pj Bupati Lotim resmikan Pustu Desa Bandok: Pelayanan harus diutamakan!

 
Pj Bupati Lotim resmikan Pustu Desa Bandok: Pelayanan harus diutamakan!

OPSINTB.com - Pendidikan, ekonomi, dan kesehatan menjadi fokus kerja Pemkab Lombok Timur dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 


Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik dalam sambutannnya saat meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Bandok, Kecamatan Wanasaba pada Selasa (23/1/2024).


Terkait Pustu Desa Bandok, Kak Ofik sapaan akrab Pj Bupati mengingatkan agar dapat dimanfaatkan dengan optimal, kendati salah satu layanan tidak dapat dilakukan di Pustu, yaitu melahirkan. Hal tersebut jelasnya mengacu pada peraturan perundangan. Namun demikian layanan lainnya seperti pemeriksaan kesehatan tetap dapat dilakukan, termasuk kegiatan promotif dan preventif sebagai bagain dari upaya pencegahan penyakit.


"Untuk semua masyarakat Desa Bandok khususnya, mari memanfaatkan Pustu untuk berkonsultasi terkait kesehatan," seru Kak Ofik.


Ia memastikan kesiapan petugas kesehatan yang ditempatkan di Pustu tersebut. Selain itu, mengantisipasi integrasi layanan primer, tidak hanya perawat yang ditempatkan di Pustu, melainkan juga bidan.


Selain memastikan peralatan kesehatan yang mendukung pelayanan, ia juga menekankan agar ada kunjungan dokter ke Pustu secara berkala. Tidak kalah penting, diingatkan pula agar mengutamakan pelayanan, "Pelayanan harus diutamakan, jangan tanyakan punya uang atau tidak karena kita sudah UHC. 98 persen penduduk Lombok Timur sudah tercover BPJS," tegasnya.


Kepala Desa Bandok Mujib menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Lombok Timur atas dukungan dan motivasi sehingga Pustu tersebut dapat dirampungkan.


"Berkat dorongan dan bimbingan serta arahan Pj Bupati sehingga Pustu ini dapat diresmikan, di samping itu sudah ada petugas dan alat-alat pelengkapnyapun juga sudah tersedia di dalam," tuturnya senang.


Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Forkopimcam, TP-PKK desa, Tokoh agama dan masyarakat setempat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama