SMAN 1 Aikmel sebut prestasi di sekolah adalah tradisi - OPSINTB.com | News References -->

16/10/23

SMAN 1 Aikmel sebut prestasi di sekolah adalah tradisi

SMAN 1 Aikmel sebut prestasi di sekolah adalah tradisi

 
SMAN 1 Aikmel sebuta prestasi di sekolah adalah tradisi


OPSINTB.com - Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Aikmel menjadi salah satu sekolah terbaik di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Pasalnya sejak berdirinya sekolah tersebut selalu berada pada urutan lima besar perihal mengukir prestasi, baik kejuaraan olimipiade hingga kegiatan lomba lainnya.


Seperti yang dituturkan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Aikmel, Lalu Muhammad Ali Iftihar kepada opsintb.com, Senin (16/10/2023), sekolah itu disebut mengukir prestasi di bidang akademik dan non akademik. Prihal itu disebutnya merupakan tradisi sejak didirikan.


 "Kita selalu di 5 besar di Kabupaten Lombok Timur untuk olimpiade dan dalam kegiatan yang lainnya," ucapnya.


Di tahun kemarin, ujarnya, siswa-siswi setempat pada gelaran olimpiade tingkat kabupaten menjadi perwakilan ke tingkat provinsi nomor 2 setelah SMAN 1 Selong.


Dia menerangkan, prestasinya di non akademik sekolah tersebut mampu menjuarai lomba basket tingkat kabupaten. Begitu juga dengan Cabor Poli kendati pihaknya belum bisa berbicara tingkat provinsi. Kendati demikian ada satu pemain asal sekolah itu yang digelar di Mataram mewakili NTB yang siswanya masih duduk di kelas 12.


Tak hanya cabang olahraga tapi banyak penghargaan lainnya semisal lomba gerak jalan. Bahkan, sebutnya, menjadi perwakilan Lotim ke tingkat provinsi dalam ajang tersebut.


Khusus untuk siswi, jelasnya, mendapatkan juara favorit di antara SMA dan SMK se Nusa Tenggara Barat (NTB). Disamping banyak prestasi lain yang bisa diukir.


"Kita tidak pernah melepas siswa-siswi kita ketika memiliki potensi untuk kita ikutkan lomba," terangnya.


Pembinaan itu juga tak hanya untuk mereka yang mendapatkan juara saat lomba atau bagi pemenang ketika bertanding. Namun tetap bagi mereka prestasi yang diraih merupakan kembanggaan.


Ia mencotohkan, seperti partipasi di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dalam lomba pidato bahasa Inggris dan Arab yang masuk dalam sepuluh besar. Kendati tak mendapatkan kampiun satu namun bagi sekolah itu tetap menjadi sebuah kebanggaan.


Prestasi yang sangat mentradisi ini, kata dia, pihaknya tidak pernah lepas terus dikasal. Walaupun di tahun ini, akunya, tak pernah sampai tingkat nasional. 


"Dengan adanya prestasi akademik dan non akademik yang diraih di SMAN 1 Aikmel telah menjadi tradisi sehingga sekolah ini jadi bayak peminatnya," katanya.


Dari perestasi yang didapatkan itu sebutnya, sekolah itu berkgiatan selama 24 jam tak pernah sepi dari aktivitas. Sehingga kegiatan ektrakulikuler seluas-luasnya dan tidak pernah dibatasi. Catatannya, selama ada pendamping atau pelatih expert. 


Disamping itu, tradisi itu bertahan latantan guru-guru setempat memberikan dukungan. Saling suport dari teman sehingga tidak ada yang kuat dan lemah. 


"Kita juga di samping itu prestasi dari guru-guru selalu dimaksimalkan karena prestasi guru itu juga akan mempengaruhi Prestasi siswa-siswa di SMAN 1 Aikmel," tuturnya.


Ia berpesan agar siswa-siswa selalu mendengungkan membangun tradisi untuk mencapai juara, sebab membangun semacam itu disebutnya tidak lah mudah. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama