Jauh dari pusat kota, SMAN 1 Pringgabaya ukir segudang prestasi - OPSINTB.com | News References -->

02/08/23

Jauh dari pusat kota, SMAN 1 Pringgabaya ukir segudang prestasi

Jauh dari pusat kota, SMAN 1 Pringgabaya ukir segudang prestasi

 
Jauh dari pusat kota, SMAN 1 Pringgabaya ukir segudang prestasi


OPSINTB.com - Belakangan sekolah-sekolah di Lombok Timur, terus mengukir prestasi. Baik lokal hingga nasional. 


Tentunya hal itu bakal menjadi kabar baik bagi masa depan di Gumi Patuh Karya. Utamanya di keberlangsungan Sumber Daya Manusia (SDM).


Salah satunya, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sekolah yang jauh dari pusat kota ini mampu membuktikan diri dengan mendapatkan segudang prestasi yang membanggakan. 


Tak ayal sekolah satu ini menempatkan diri sebagai salah satu yang harus diperhitungkan.


Prestasi itu, tak hanya soal akademik baik hingga non Akademik. Hal itu terbukti dengan banyaknya penghargaan, piagam maupun medali yang telah didapatkan dalam setiap event yang diikuti oleh dalam berbagai tingkatan.


"Di tahun ini, kami baru mendapatkan juara di Kompetisi Sains Nasional (KSN)," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Pringgabaya, Hasanudin, saat ditemui oleh wartawan media ini, Selasa (01/07/2023).


Ia membeberkan, dari kompetisi itu dua siswa dari Biologi mendapatkan juara 2 dan juara 5, serta lulus passing grade. 


Kemudian, kata dia, tiga orang yang siswa yang diutus ialah dari jurusan Fisika, TIK dan Kimia juga sama-sama meraih predikat juara.


Berbagai prestasi itu, tak lepas dari pembinaan KSN yang dilaksanakan secara rutin di SMA tersebut. Kegiatan ini, ujarnya, digelar 2 kali dalam seminggu.


"Siswa yang ikutkan dalam Kompetisi ini kami utus dari kelas 10, yang lolos Semua kemarin itu ialah kelas 10," pungkasnya.


Dikatakan, siswanya yang ikut KSN mendapat dorongan, motivasi dan trik-trik untuk menyelesaikan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN). Lantaran soal pada ajang ini disebutnya tak seperti pada umumnya.


"Kita disini untuk memyelesaikan Soal Olimpiade tersebut mempunyai trik Khusus di gunakan dan jagan sampai terbawa emosi dengan stimulus yang ada di soal," jelasnya.


Ia menjelaskan, pihaknya memiliki trik untuk memotivasi siswa kelas 10 dalam mengikuti olimpiade. Yakni dengan cara melibatkan kakak kelas di sekolah tersebut.


Dalam kesempatan itu, Hasanudin, trik selanjutnya yang diterapkan agar termotivasi ialah prestasi yang sudah diraih oleh siswa-siswi setempat. Semua itu dilakukan untuk memompa semangat dan termotivasi dalam ikut kompetisi diberbagai ajang, khususnya olimpiade.


"Nah dari sertifikat itu Kemudian kita memberitahu apa manfaat, sertifikat yang di dapatkan,"terangnya.


Senada Pembina Ekstrakurikuler Taekwondo SMAN 1 Pringgabaya, Solihin, mengatakan, baru-baru ini, dua siswa SMAN 1 Pringgabaya berhasil meraih medali dalam turnamen bela diri Taekwondo, yang digelar Kapolresta Mataram yang diikuti sejumlah Provinsi seperti Bali, NTB dan NTT. 


Tak tanggung-tanggung dalam turnamen yang digelar oleh Kapolresta Mataram Cup itu, siswa SMA 1 Pringgabaya meraih dua mendali emas.


"Dalam event yang bertajuk Open Tournament Taekwondo Kapolresta Mataram Cup 1 2023 tersebut siswa SMAN 1 Pringgabaya mendapatkan dua medali emas," ucapnya.


Menurutnya, siswa yang menjadi perwakilan selalu berhasil membawa pulang medali dalam setiap ajang kejuaraan yang diikuti. 


"Tahun ini pada turnamen kemarin di Mataram itu, kita mengirim dua orang yang aktif sekolah dan empat orang yang sudah Alumni tahun kemarin, dan semuanya dapat medali, dua siswa yang masih aktif itu dapat medali emas," terangnya.


Ia membeberkan, atlet Taekwondo SMAN 1 Pringgabaya, sudah banyak yang berhasil membawa pulang medali. Salah satunya ialah Alumni sekolah tersebut, Zahiral Muttaqin asal Rumbuk, Desa Batuyang. Saat ini siswa tersebut disebutnya dia sudah menjadi anggota Polri yang bertugas di Polres Sumbawa Barat. 


"Zahiral Muttaqin hanya daftar sekali saja jadi anggota polri dan langsung lulus itu lantaran berprestasi dan punya banyak sertifikat dari kejuaraan yang pernah diikuti," sebutnya.


Selain Taekwondo, siswa berprestasi di ekstrakurikuler pencak silat, yang selalu menyumbangkan piagam dan medali. 


"Pencak silat kemarin kita dapat emas dan perak, karena kita hanya ngirim dua," tutupnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama