Masuk 75 besar ADWI, bupati harap Setanggor jadi exercise desa lain - OPSINTB.com | News References -->

19/05/23

Masuk 75 besar ADWI, bupati harap Setanggor jadi exercise desa lain

Masuk 75 besar ADWI, bupati harap Setanggor jadi exercise desa lain

 
Masuk 75 besar ADWI, bupati harap Setanggor jadi exercise desa lain

OPSINTB.com - Masuknya Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat dalam 75 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 menjadi kabar gembira bagi Pemda Lombok Tengah (Loteng). 

Bupati Loteng, H Lalu Pathul Bahri dalam konferensi pers yang digelar Kamis (18/5) di Aula Desa Setanggor berharap dengan adanya ADWI ini bisa menjadi exercise atau penggerak bagi desa-desa lain di Loteng untuk mengeluarkan potensi wisata yang ada.

''Kita berharap untuk ke depannya desa-desa yang lain. Ini (Desa Setanggor) menjadi contoh untuk kita menggerakkan masing-masing desa yang ada potensinya,'' kata Pathul Bahri.

Desa wisata juga akan berdampak banyak terhadap hal-hal lain. Seperti pergerakan ekonomi mulai dari usaha kecil menengah (UKM). ''Berbagi kerajinan yang ada juga bisa dijajakan kepada masyarakat yang berkunjung,'' imbuhnya.

Selain itu, Pathul juga menjelaskan, desa wisata mempunyai plier effect yang besar bagi desa tersebut. Dia mencontohkan, pemerintah pusat maupun daerah tentunya akan memberikan pelayanan yang lebih kepada desa wisata tersebut. Semisal pengaspalan jalan hingga ke kampung/dusun untuk menunjang kelancaran pergerakan para wisatawan yang berkunjung. 

Di samping itu, dari segi pelayanan hukum, di dalam sebuah desa wisata pemerintah juga akan ambil bagian. Misalnya mereka harus membuat regulasi tentang aturan membuang sampah dan lain sebagainya.

''DD dan ADD misalnya, akan terpusat untuk kegiatan rabat jalan menuju kampung. Itu kan dukungan semua,'' seru bupati.

Terkait kemungkinan Desa Setanggor meraih juara, bupati mengatakan, tidak berani melangkahi penilaian para juri. Namun, rasa optimisme harus tetap ditanamkan mengingat dukungan yang sangat besar dari pemerintah maupun masyarakat.

Desa Wisata Setanggor, desa yang memiliki jarak 5 km dari Bandara Internasinal Zainul Abdul Majid (BIZAM). Desa yang persisnya berada di Kecamatan Praya Barat ini memiliki potensi strategis untuk menyambut para tamu yang datang dengan suguhan segudang ragam wisata/atraksi-atraksi lainnya. Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan wisata religi/halal memanfaatkan alam pedesaan dan kearifan lokal yang menghadirkan seribu keunikan dan keistimewaan.

''Bukan dari jaraknya saja, Desa Setanggor juga menyuguhkan paket wisata halal yang komplit. Mulai dari budaya hingga kuliner,'' kata Kades Setanggor, Kamarudin. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama