Bupati Sukiman ajak masyarakat memaksimalkan fungsi masjid - OPSINTB.com | News References -->

06/02/23

Bupati Sukiman ajak masyarakat memaksimalkan fungsi masjid

Bupati Sukiman ajak masyarakat memaksimalkan fungsi masjid

 
Bupati Sukiman ajak masyarakat optimalisasi fungsi masjid

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menghadiri kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Ponpes Daarusy Syifaa’ Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji, Senin (6/2/2023).

Pada kesempatan itu bupati menyampaikan, sebuah pondok pesantren (Ponpes) disebut Ponpes apabila memenuhi persyaratan, seperti adanya pondok tempat anak-anak ditampung dan menginap, adanya madrasah, adanya kyai yang menunggu 24 jam, adanya masjid, dan majelis taklim. 

Karena itulah bupati menyambut baik pembangunan masjid di Ponpes ini. Ia berharap proses pembangunan masjid itu selesai dalam waktu 6 bulan agar dapat digunakan warga Ponpes di bulan Syawal mendatang.
 
Bupati pun menjelaskan peran masjid pada masa Rasulullah SAW. "Semua aktivitas dilakukan di masjid," tutur Bupati. 

Masjid tidak hanya dijadikan tempat sholat, tetapi juga untuk bermusyawarah, menahan para tawanan, serta dijadikan sebagai klinik kesehatan. Keberadaan masjid pada era Rasulullah lebih tepat dikatakan sebagai institusi yang membangun peradaban umat islam yang modern. 

"Semoga masjid dapat kembali menjadi sentra aktivitas agar dapat menyatu dengan kehidupan," harap Bupati Sukiman.

Bupati tak lupa menyampaikan apresiasi kepada yayasan dan lembaga yang mendukung pembangunan masjid tersebut, yakni Yayasan Al-Ummah. Yayasan ini telah membantu berdirinya  sejumlah masjid di Lombok Timur.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ponpes Daarusy Syifaa', Husen Abdullah menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, termasuk Bupati dan Pemda Lombok Timur yang memfasilitasi pembangunan masjid tersebut. Ia mengakui, 335 santri masih melaksanakan shalat di masjid masyarakat, karena tidak punya masjid khusus Ponpes. 

"Yang namanya Ponpes harus 24 jam. Alhamdulillah sekarang dapat terwujud sehingga menambah sarana anak-anak di sini," katanya. 

Kegiatan itu dihadiri pula Camat Labuhan Haji, Kepala Desa Tirtanadi, wali murid, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama