Pilkades serentak Lotim semakin dekat, masyarakat diharap tenang - OPSINTB.com | News References -->

29/01/23

Pilkades serentak Lotim semakin dekat, masyarakat diharap tenang

Pilkades serentak Lotim semakin dekat, masyarakat diharap tenang

 
Pilkades serentak Lotim semakin dekat, masyarakat diharap tenang

OPSINTB.com - Pilkades serentak Lombok Timur aka digelar pada Maret 2023 mendatang. Ada 53 desa yang ikut serta dalam pesta demokrasi tersebut. 

Karena itu Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengingatkan agar masyarakat memilih calon yang nantinya bisa membuat desanya lebih baik dan makmur. Ia juga mengingatkan agar masyarakat berdemokrasi secara dewasa dan menjaga kondisi tetap harmonis.

"Silakan bebas memilih, tetapi silaturahmi tetap berjalan," kata Bupati Sukiman pada peringatan Harlah 1 abad dan Haul 'Am ke-27 Pondok Pesantren Al-Mannan Bagik Nyaka, Minggu (29/1/2023).

Selain menyampaikan selamat dan apresiasi terhadap keberadaan Ponpes Al-Mannan, pada kesempatan tersebut bupati juga menyinggung biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 ini. Ia meminta masyarakat Lombok Timur untuk tetap tenang dan tidak menarik dana haji yang telah disetorkan, seperti yang terjadi di berbagai daerah. 

Terkait hal itu ia menjelaskan skema pembiayaan haji selama ini yang disubsidi pemerintah hingga 60 persen. Akan tetapi tahun ini Pemerintah berencana membalik skema tersebut untuk keberlanjutan dukungan subsidi penyelenggaraan ibadah haji. "Usulan itu masih akan dibahas dengan DPR," jelasnya. 

Ia percaya keputusan yang diambil adalah yang terbaik, "kita berharap kenaikannya tidak terlalu besar, 50-50-lah," ungkapnya.

Mengingat daftar tunggu yang cukup panjang, menyusul pembatasan kuota saat pandemi, bupati berharap tahun ini dengan kuota yang kembali normal, kuota haji Lombok Timur sesuai proporsi jumlah penduduk. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, H Zamroni Aziz yang juga hadir di tempat tersebut membenarkan penjelasan Bupati terkait biaya haji. Sementara itu menjawab harapan terhadap kuota haji, ia menyampaikan pihaknya belum menerima kuota jamaah haji NTB. Akan tetapi ia memastikan kuota kabupaten/kota akan disesuaikan sesuai proporsi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama