Festival peresean, ajang mengasah bakat pepadu bajang Songak - OPSINTB.com | News References -->

04/12/22

Festival peresean, ajang mengasah bakat pepadu bajang Songak

Festival peresean, ajang mengasah bakat pepadu bajang Songak

 
Festival peresean, ajang mengasah bakat pepadu bajang Songak

OPSINTB.com - Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pemerintahan Desa Songak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur kembali digelar. Pelaksanaan tahun ini merupakan kali kesebelas.

Uniknya, Harlah kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni, berupa festival peresean oleh Paguyuban Guntur Telu Songak. Kegiatan yang bakal dilaksanakan 5 hari ke depan ini, dimeriahkan oleh pepadu setempat.

Ketua Panitia Harlah ke 11, Taufikul Yadi, saat ditemui di lokasi acara menjelaskan, salah satu perbedaan yang mencolok dengan pelaksanaan sebelumnya.

"Kalau sebelumnya tidak ada festival," ujarnya pria yang karib disapa Opik ini kepada opsintb.com, Minggu sore (4/11/2022)

Kegiatan ini, kata dia, digawangi oleh paguyuban Guntur Telu Desa Songak. Menampilkan pepadu lokal yang ada di Songak.

Menurut Opik, banyak masyarakat setempat peminat olahraga presean. Dibuktikan dengan salah satu pemain yakni, Guntur Telu, yang namanya telah dikenal tak hanya di Lotim, tapi juga di Nusa Tenggara Barat.

Selain guntur telu, bebernya, banyak pepadu lain yang meminati olahraga pisik satu ini. Gelaran ini, ucapnya, ajang mengasah bakat baru pepadu setempat.

"Selain sebagai hiburan, juga memperkenalkan budaya serta sebagai wadah mengasah bakat pepadu, khususnya kaum muda," terangnya

Di konfirmasi terpisah, Kepala Desa Songak, Pihiruddin, menyebut gelaran itu hal yang positif. Selain memperkenalkan budaya sasak, kegiatan itu disebut sebagai ajang mengasah diri, sekaligus silaturrahim.

"Ini ajang mengasah diri dan silaturrahmi, juga sebagai wadah mengasah emosi," pungkasnya

Selain festival peresean kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba, senam sehat, door prize, dan pawai. Kegiatan itu juga bermaksud untuk memperkenalkan desa wisata Songak. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama