FJLT bakal gelar Mubes ke 2, penguatan kapasitas jurnalis jadi fokus utama - OPSINTB.com | News References -->

01/11/22

FJLT bakal gelar Mubes ke 2, penguatan kapasitas jurnalis jadi fokus utama

FJLT bakal gelar Mubes ke 2, penguatan kapasitas jurnalis jadi fokus utama

 
FJLT bakal gelar Mubes ke 2, penguatan kapasitas jurnalis jadi fokus utama

OPSINTB.com - Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) bakal gelar Musyawarah Besar (Mubes) ke 2. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 5-6 November 2022 mendatang.

Dalam Mubes kali kedua ini, sejak terbentuk Februari 2020 yang lalu mengangkat tema Jurnalis Profesional di Era Digital.

Ketua panitia Mubes, Fatih Kudus Jaelani mengatakan, kegiatan ini diniatkan selain pemilihan Ketua yang baru, juga sebagai ajang para wartawan menjalin silaturrahmi. Serta penguatan kapasitas menuju profesionalisme, sesuai dengan tema yang diangkat.

"Di mubes FJLT ke dua ini, tema ini sebagai penegas keberadaan FJLT di Lombok Timur. Kita ingin menguatkan peran FJLT, selain wadah silaturrahmi juga sebagai penguat kapasitas jurnalis profesional," ucap pria yang karib disapa Fatih itu, sela rapat panitia Mubes di sebuah cafe di Selong, Lombok Timur Senin (31/10/2022)

Dewasa ini, sebutnya, profesionalitas jurnalis mulai dipertanyakan. Seiring dengan menjamurnya media.

Menyebabkan tenaga profesi jurnalis seringkali tidak dibarengi dengan kemampuan yang harus dimiliki.

Saking banyaknya, seringkali tidak selektif dalam menentukan siapa yang akan mengemban amanah. Karena memang siapapun disebutnya bisa dengan mudah menjadi jurnalis.

"Oleh karenanya, FJLT ingin menguatkan jurnalis agar kita bersama menjadi jurnalis profesional. Sehingga marwah profesi kita bisa terjaga di hati masyarakat dan pemerintah pada umumnya," lanjutnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Mubes nantinya akan digelar dua hari, yakni tanggal 5 dan 6 November, terpusat di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Lombok Timur yang berlokasi di Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Lotim.

Gelaran ini bakal dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Pagi hari pertama, akan ada pojok jurnalis dengan diskusi bertema "Marwah Jurnalis Lombok Timur di Mata Narasumber".

Yang diisi, oleh narasumber dari pemerintah daerah (Pemda), perwakilan Jurnalis, serta juga lembaga sosial masyarakat. 

Sore harinya akan ada diskusi kedua, tentang peran jurnalis dalam mengembangkan pendidikan vokasi dan produktifitas di Lombok Timur.

Diskusi ini, kata dia, dilakukan kaitannya sebagai upaya jurnalis menjembatani pemerintah dalam menginformasikan pelatihan kepada masyarakat dalam mencari informasi mengenai lapangan kerja.

"Dikarenakan memang masih banyak masyarakat yang ada di Lombok Timur yang masih belum mengetahui sumber-sumber pekerjaan," ungkapnya.

Kemudian minggu harinya akan di lanjutkan Mubes yang di rangkai dengan pemilihan ketua yang baru. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama