Ribuan masyarakat meriahkan Pekan Vokasi BPVP Lotim - OPSINTB.com | News References -->

09/10/22

Ribuan masyarakat meriahkan Pekan Vokasi BPVP Lotim

Ribuan masyarakat meriahkan Pekan Vokasi BPVP Lotim

 
Ribuan masyarakat meriahkan Pekan Vokasi BPVP Lotim

OPSINTB.com - Transformasi BLK (Balai Latihan Kerja) menjadi BPVP (Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas) diharapakan sebagai terobosan besar dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan. Transformasi ini bertujuan agar masyarakat semakin mengenal tentang vokasi, atau pendidikan khusus yang berkaitan dengan bidang keahlian tertentu.

Kepala BPVP Lombok Timur, Sabar menjelaskan, Pekan Vokasi yang digelar BPVP Lombok Timur, Minggu (9/10/2022) menjadi salah satu upaya memasyarakatkan BPVP. 

"Dasar aturannya tentang revitalisasi dan vokasi pada Peraturan Menteri Nomor 1 tahun 2022," tutur Sabar.

Pekan Vokasi ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang diikuti oleh masyarakat. Di antaranya, jalan sehat yang menyedot antusiasme 3000-an peserta. Selain itu, ada kompetisi memasak yang langsung dinilai oleh chef kenamaan ibukota, yakni Chef Juna Rorimpandey.

Sementara, Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Ariyadi berharap, transformasi BLK to BPVP mampu menghasilkan banyak pekerja produktif yang siap masuk dunia kerja. Terlebih, Provinsi NTB menjadi salah satu tujuan wisata di tengah gelaran event nasional dan internasional.

"Maka sedari awal kita harus mempersiapkan diri. Di tengah perhelatan itu kita tidak boleh hanya jadi penonton," kata Gita.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas, Budi Hartawan, yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi BPVP Lotim sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

"Kita harus membangun kembali 18 balai vokasi lain di Indonesia. Ini adalah cara kita membangun kompetensi yang dibutuhkan oleh industri," ujarnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama