Festival Qasidah, ajang memperkenalkan Qasidah ke kalangan remaja - OPSINTB.com | News References -->

05/10/22

Festival Qasidah, ajang memperkenalkan Qasidah ke kalangan remaja

Festival Qasidah, ajang memperkenalkan Qasidah ke kalangan remaja

 
Festival Qasidah, ajang memperkenalkan Qasidah ke kalangan remaja

OPSINTB.com - Kabupaten Lombok Tengah akan menjadi tuan rumah acara Festival Qasidah Tingkat Provinsi NTB yang akan dilangsungkan 13-15 Oktober mendatang. Sekjen DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Provinsi NTB, Rosdiana menyebut, selain festival acara ini juga diikhtiarkan untuk memulihkan UMKM yang selama dua tahun mati suri akibat pandemi Covid-19.

"Jadi kita memang semangatnya itu adalah menghidupkan kembali hotel-hotel di Loteng yang memang selama dua tahun tidak ada pelanggannya. Kemudian UMKM kita juga tidak ada," sebut Rosdiana saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Bupati Loteng, Rabu (5/10/2022).

Ia berharap seluruh kontingen dari 10 kabupaten/kota membawa kafilah yang banyak. Untuk yang berasal dari Sumbawa, ia berharap setidaknya ada 100 orang kafilah yang datang per kabupaten/kota. Dengan begitu, kata Ros, tentunya perekonomian dan UMKM di Loteng akan terbedayakan. 

Selain itu, lanjut Ros, Festival Qasidah ini menjadi salah satu alternatif yang dipilih Pemprov NTB untuk memperkenalkan seni qasidah di kalangan remaja. 

"Remaja-remaja kita tidak lagi digandrungi dengan K-pop gitu ya. Jadi kami menampilkan atraksi budaya keislaman yang dikemas sedemikian rupa," imbuhnya. 

Ros mengungkapkan, selama ini orang hanya mengenal qasidah sebagai alat musik sederhana. Namun dalam Festival Qasidah kali ini penonton akan disuguhkan penampilan yang atraktif. Artinya nanti rebana akan dikolaborasikan dengan alat musik yang berasal dari daerah masing-masing kafilah. 

"Jadi semua alat musik yang dari kabupaten/kota kita mainkan dalam qasidah itu. Ada qasidahnya, ada permainan alat musiknya, gendang beleqnya, dan lain sebagainya," ungkap Ros. 

Festival Qasidah Tingkat Provinsi NTB ini juga akan dimulai dengan parade devile. Dalam parade tersebut, para penonton nantinya akan diperkenalkan dengan pariwisata dari daerah masing-masing kafilah. 

"Ajang kita untuk mempromosikan pariwisata seluruh NTB kepada pengunjung," pungkasnya. 

Adapun dalam Festival Qasidah ini nantinya akan dilombakan empat komponen atraksi. Antara lain: bintang vokalis pop religi, bintang vokalis gambus, qasidah klasik remaja putri, dan qasidah kolaborasi. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama