Sunrise Land Lombok lepas 77 anak penyu di hari kemerdekan RI - OPSINTB.com | News References -->

18/08/22

Sunrise Land Lombok lepas 77 anak penyu di hari kemerdekan RI

Sunrise Land Lombok lepas 77 anak penyu di hari kemerdekan RI

 
Sunrise Land Lombok lepas 77 anak penyu di hari kemerdekan RI

OPSINTB.com - Sunrise Land Lombok (SLL) meramaikan hari Kemerdekaan RI ke-77 dengan melepas puluhan ekor anak penyu di Pantai Labuhan Haji, Lombok Timur, Rabu (17/8/2022).

Direktur SLL, Qori Bayyinaturrosyi menjelaskan, jumlah tukik atau anak penyu yang dilepas pada kesempatan itu disesuaikan dengan usia kemerdekaan Indonesia, yakni 77 ekor.  

"Waktu pelepasan juga kita sesuaikan pada pukul 17:08:45 yang melambangkan hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus tahun 1945," ujarnya. 

Waktu pelepasan yang dipilih itu, kata Qori, bukan hanya karena disesuaikan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, tetapi karena secara keilmuan pelepasan anak penyu memang disarankan di waktu sore menjelang Maghrib.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB memang waktu pelepasan anak penyu baiknya dilakukan pagi saat subuh dan sore menjelang Maghrib," pungkasnya. 

Sebagai informasi, pelepasan penyu ini merupakan pelepasan yang keempat kalinya dilakukan oleh SLL di Pantai Dusun Montong Meong, Desa Labuhan Haji tersebut. 

Sebelumnya, SLL telah melepaskan 102 anak penyu di pantai tersebut. Dan pada pelepasan kali ini turut diramaikan oleh sejumlah pejabat Kabupaten Lombok Timur, di antaranya adalah Sekretaris Daerah HM Juaini Taofik, Kapolres, Dandim 1615, masyarakat sekitar, pengunjung, dan sejumlah komunitas. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama