Bupati Lotim buka festival pencarian bakat vokalis qasidah - OPSINTB.com | News References -->

03/08/22

Bupati Lotim buka festival pencarian bakat vokalis qasidah

Bupati Lotim buka festival pencarian bakat vokalis qasidah

 
Bupati Lotim buka festival pencarian bakat vokalis qasidah

Foto : Bupati Lotim HM Sukiman Azmy memberi sambutan pada pembukaan Festival Lasqi. (pkp_lotim)

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy membuka festival bintang vokalis qasidah, bintang vokalis religi dan rebana klasik Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI), Rabu (3/8/2022). Kegiatan ini merupakan ajang untuk menggali potensi seni qasidah di Lombok Timur.

Bupati, selain mengapresiasi prestasi Lasqi Lombok Timur juga mengapresiasi penyelenggaraan festival qasidah yang dimaksudkan menyaring potensi seni qasidah untuk dibina dan nantinya dapat membawa harum nama Lombok Timur.

Dalam pelaksanaan lomba, bupati mengingatkan agar sejumlah unsur menjadi perhatian dalam penilaian setiap peserta. Unsur dimaksud adalah pelajaran atau pendidikan yang ada dalam lagu yang dibawakan peserta, juga tidak mengandung syirik maupun maksiat. Pesan moral juga harus mendapat perhatian, demikian pula dari segi penampilan peserta yang mengutamakan tuntunan agama.

Menyinggung sedikit sejarah qasidah dalam perkembangan Islam, bupati mengingatkan agar Lasqi senantiasa menjaga qasidah sebagai sebuah seni yang kental dengan unsur religi, "jaga norma-norma ini agar sesuai dengan tuntunan Allah SWT," katanya.

Kepada Ketua Lasqi, bupati mengingatkan agar menjaga anak-anak yang sudah dibina dengan harapan tetap berada pada norma dan tuntunan Allah SWT.

Sementara itu Ketua Umum DPD Lasqi Lombok Timur, Hj Siti Kudsiyah Rumaksi menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemda Lombok Timur terhadap perkembangan seni qasidah. Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh pihak atas keberhasilan dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Festival ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu 3 dan 4 Agustus dengan peserta berasal dari perwakilan seluruh kecamatan. Pembukaan yang berlangsung di Pendopo Wakil Bupati itu dihadiri pula oleh sejumlah OPD lingkup Pemda kabupaten Lombok Timur, serta  Kementerian Agama Lombok Timur. (red/pkp_lotim)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama