Sukseskan MotoGP Mandalika, Sukiman hadiri rapat virtual dengan Kementerian Pariwisata - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 02 Februari 2022

Sukseskan MotoGP Mandalika, Sukiman hadiri rapat virtual dengan Kementerian Pariwisata

Sukseskan MotoGP Mandalika, Sukiman hadiri rapat virtual dengan Kementerian Pariwisata

 
Sukseskan MotoGP Mandalika, Sukiman hadiri rapat virtual dengan Kementerian Pariwisata

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menghadiri rapat virtual dengan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesudibjo, Rabu (2/2/2022).

Rapat tersebut dilakukan dalam rangka mematangkan persiapan Perhelatan MotoGP yang berlangsung bulan Maret 2022 mendatang di Pertamina Mandalika International ‎Street Sircuit Maret mendatang.

Rapat tersebut diikuti berbagai kementerian dan lembaga terkait, juga diikuti kepala daerah di Provinsi NTB, termasuk Bupati Lombok Timur dengan didampingi Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, serta Ketua BPPD Lombok Timur.

Salah satu yang mengemuka pada rapat kali ini adalah harga sewa stand bazaar yang disediakan ITDC bagi pelaku UKM. Gubernur NTB Dzulkieflimansyah pada rapat tersebut menilai harga yang ditawarkan akan sulit dijangkau pelaku UKM di daerah ini.

Kendati ia juga menyadari standar yang ditetapkan pihak Dorna Sport. Karena itu ia menawarkan solusi agar bank BUMN dapat membantu memfasilitasi pelaku UMKM mendapatkan lapak tersebut.

Direktur Utama Indoensia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer menjelaskan bahwa keberadaan stand bazaar yang tersedia di dalam sirkuit sangatlah terbatas, demikian juga yang dapat mengaksesnya, yaitu hanya pengunjung yang telah memiliki tiket.

Sementara harga sewa yang ditetapkan serta standar lainnya juga mengacu pada standar Dorna.Dimana lokasi yang dapat dioptimalkan bagi UKM lokal adalah 300 unit kios yang disediakan di luar sirkuit.

"Lokasi kios-kios tersebut juga strategis sebab dekat dengan tempat parkir, masjid, dan sarana lainnya sehingga dapat diakses oleh lebih banyak pengunjung, bahkan yang tidak membeli tiket MotoGP sekalipun," tegasnya.

Ia juga meminta ‎ Pemerintah Daerah maupun Kementerian terkait dapat melakukan kurasi lebih ketat terhadap kualitas produk UKM yang dipasarkan di kawasan tersebut.

Kemudian Deputi bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menyampaikan pihaknya siap melakukan promosi pameran UKM Expo Mandalika melalui berbagai media serta sejumlah program lainnya seperti fasilitasi camping ground  bagi bikers  yang akan melakukan touring ke pulau Lombok.

"Kita siap promosikan untuk kesejahteraan dan peningkatan prekonomian masyarakat arah lebih baik," tandasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama