Lapas Selong usulkan 232 Napi dapat remisi di Hari Kemerdekaan - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 12 Agustus 2021

Lapas Selong usulkan 232 Napi dapat remisi di Hari Kemerdekaan

Lapas Selong usulkan 232 Napi dapat remisi di Hari Kemerdekaan

 
Lapas Selong usulkan 232 Napi dapat remisi di Hari Kemerdekaan

OPSINTB.com - Menjelang perayaan HUT RI Ke-76, Lapas Kelas IIB Selong telah mengusulkan remisi terhadap 232 Warga Binaan atau Narapidana setempat. Usulan tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Namun, kata Kalapas Kelas IIB Selong, Purniawal, hingga saat ini usulan tersebut belum mendapat keputusan dari Kemenkumham.

"Saat ini baru usulan yang kita lakukan, tergantung keputusan dari pusat nanti, biasanya nanti menjelang Hari Kemerdekaan RI baru ada keputusan," ucapnya kepada opsintb.com, (12/08/2021).

Dari total Narapidana yang ia usulkan tersebut, terdiri dari remisi normal, kasus korupsi, dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memenuhi syarat dan layak untuk diusulkan melalui Sistem Database Pemasyarakatan.

"Jadi sudah online dan sudah bisa dipantau juga baik oleh keluarga maupun WBP itu sendiri melalui layanan Self Service," katanya.

Untuk itu, ratusan narapidana yang diajukan untuk mendapatkan remisi umum telah memenuhi persyaratan, baik persyaratan secara substantif dan administratif serta masa pidana sudah dijalani minimal enam bulan. Ada pun salah satu syarat yang pihaknya usulkan mendapat remisi, di antaranya yang berkelakuan baik dengan dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir. 

"Kalau narapidana dengan kasus terorisme, narkoba, dan korupsi memiliki syarat tambahan, yakni bersedia membantu penegak hukum membongkar tindak pidana yang dilakukan, membayar lunas denda dan uang pengganti kerugian negara serta sudah mengikuti program deradikalisasi," tutup Purniawal. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama