Tertib, Waka Polres Lotim Buka Musyawarah di Desa Toya dengan Sholawatan - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 16 Juni 2020

Tertib, Waka Polres Lotim Buka Musyawarah di Desa Toya dengan Sholawatan

Tertib, Waka Polres Lotim Buka Musyawarah di Desa Toya dengan Sholawatan

Tertib, Waka Polres Lotim Buka Musyawarah di Desa Toya dengan Sholawatan

OPSINTB.com - Lantunan Sholawat terdengar merdu mengawali Musyawarah di Desa Toya, Kecamatan Aikmel, Lombokn
 Timur, Selasa 16/6/2020.

Pembacaan sholawat dipimpin langsung Waka Polres Lombok Timur, Kompol Kiki Firmansyah SIK MH dan diikuti oleh para pemuda dan masyarakat yang mengikuti musyawarah di Masjid Al-Muttaqin Desa Toya.

Mengawali musyawarah dengan sholawat,  dengan harapan masyarakat yang melakukan musyawarah lebih tenang dalam menyampaiakan aspirasi, serta dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama.

Sebelum musyawarah berlangsung, masyarakat berkumpul di simpang empat Toya dan sempat melakukan orasi, kemudian petugas menghimbau kepada perwakilan pemuda agar berorasi dengan tertib. Tetap menjaga etika dan patuh terhadap protokol kesehatan covid-19.

Di bawah kendali Waka Polres Lotim, Personel yang melakukan pengamanan juga menghimbau kepada perwakilan pemuda untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara musyawarah.

Dan, setelah mendengarkan beberapa arahan dari petugas Kepolisian, pemuda Desa Toya bersedia untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara bermusyawarah bersama Kapala Desa dan perangkat Desa di Masjid Al-Muttaqin.

Musyawarah dihadiri Waka Polres Lotim, Kapolsek Aikmel IPTU I Made Sutama, Kepala Desa Toya, Sekertaris Desa Toya dan sejumlah Pemuda Desa Toya.

Sebelum Musyawarah dilaksanakan, Waka Polres menghimbau agar musyawarah mengedapankan etika dan sopa santun. Terlebih musyawarah dilaksanakan di Masjid.

"Jadi kita harus sama-sama paham serta memiliki sopan santun dalam menyampaikan aspirasi serta tidak mengucapkan kata-kata yang kurang pantas," kata Waka Polres.

Selain itu, dia juga menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan sosial distancing, menggunakan Masker, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan, guna memutus rantai penyebaran covid-19. "Agar musyawarah dilaksanakan dengan baik dan berjalan lancar," imbuhnya.

Ada pun tujuan musyawarah yakni menutut transparansi Kepala Desa Toya atas data penerima bantuan sosial atau JPS. Masyarakat juga mempertanyakan peran dan pengelolaan Bumdes Toya apakah bisa dimanfaatkan masyarakat termasuk permasalahan kekurangan air.

"Apa pun kegiatan Pemdes Toya agar kami masyarakat dilibatkan sehingga masyarakat mengetahui semua program Pemdes," kata Burhanudin, salah seorang perwakilan musyawarah.

Masyaraat juga menuntut pihak Pemdes memperjelas status tanah yang berada di Dusun Pertemuan, Lendang Manto dan tanah penyangga mata air yang berada di Aik Lomak yang ditukar gulingkan.

Sementara, Kepala Desa Toya menjawab setiap persoalan yang disampaikan masyarakat. Sehingga titik permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan surat pernyataan Kapala Desa yang akan memenuhi tuntutan masyarakat. Pada intinya, surat pernyataan tersebut sebagai bukti bahwa Pemdes akan transparan dalam pengelolan ADD dan program Desa lainnya.

Hingga akhir acara, musyawarah berjalan berjalan aman dan lancar serta diakhiri dengan Pembacaan Sholawat, sembari peserta bersama membersihkan teras masjid setelah digunakan untuk musyawarah. Dan peserta meninggalkan masjid dengan tertib sambil.

Setelah melakukan pengamanan, Gabungan Personel Polres Lotim melaksanakan Konsolidasi di Mapolsek Aikmel dipimpin oleh Waka Polres Lombok Timur.

Kapolres Lombok Timur melalui Kasubbag Humas, IPTU Lalu Jaharudin menghimbau agar masyarakat segera lapor kepada Polisi ketika menemui suatu permasalahan yang dirasa dapat mengganggu Stabilotas Kamtibmas.

"Supaya permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan segera, sehingga Wilayah Hukum Polres Lombok Timur tetap kondusif," pungkas Ksubbag. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama