Kapolres Lotim Dampingi Wagub NTB Hadiri Sosialisasi dan Simulasi Rinjani menuju New Normal - OPSINTB.com | News References -->

27/06/20

Kapolres Lotim Dampingi Wagub NTB Hadiri Sosialisasi dan Simulasi Rinjani menuju New Normal

Kapolres Lotim Dampingi Wagub NTB Hadiri Sosialisasi dan Simulasi Rinjani menuju New Normal

Kapolres Lotim Dampingi Wagub NTB Hadiri Sosialisasi dan Simulasi Rinjani menuju New Normal

OPSINTB.com - Personel Polres Lombok Timur melaksanakan pengamanan kunjungn Wakil Gubernur NTB di Kecamatan Sembalun. Kunjungan Wakil Gubernur kali ini dalam rangka menghadiri Sosialisasi Dan Simulasi Rinjani menuju New Normal, Sabtu 27/06/20.

Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi tersebut dilaksanakan di Kantor TNGR Sembalun. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, Ditjen KSDAE RI, Wakil Gubernur NTB Dr Ir Hj Siti Rohmi Djalilah MPd bersama rombongan, Dispar Provinsi NTB, Kepala Balai TNGR NTB, Kapolda NTB yang diwakili Kapolres Lotim, Bupati Lotim, Kepala Basarnas Provinsi NTB dan Dandim 1615/Lotim serta peserta Sosialisasi dan Simulasi.

Dalam sambutannya, Bupati Lotim HM Sukiman Azmi menyampaikan, akan menutup jalur pendakian Gunung Rinjani yang tidak resmi/ilegal untuk memudahkan pendataan pengunjung apabila terjadi benca alam.

"Jalur pendakian Gunung Rinjani yang digunakan harus satu pintu (jalur resmi), tidak boleh ada banyak jalur pendakian terlebih lagi jika itu illegal," tegas Bupati.

Selain itu, Bupati juga meminta izin kepada Ditjen KSDAE agar akses jalur pendakian dibuka sampai dengan pos 4 sehingga dapat dilalui transfortasi berupa kuda dan sepeda guna mengurangi beban berat yang dipikul para porter.

Sebab, adanya Travel Agen masih tidak memberikan dampak positif kepada masyarakat Sembalun sehingga banyak guide dan porter Sembalun yang sifatnya hanya melihat saja.

Selanjutnya Bupati Lotim dalam sambutannya juga meminta kepada Kepala Balai agar pelaku wisata yang lain seperti guide dan porter ditertibkan seperti travel agen yang menggunakan jalur pendakian Sembalun harus menggunakan guide dan porter lokal, juga sebaliknya travel agen yang menggunakan jalur pendakian Senaru menggunakan guide dan porter dari Senaru.

Menutup sambutannya, Bupati juga mengingatkan agar para pengunjung pendakian Gunung Rinjani tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi covid-19.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB menyampaikan bahwa akan melakukan perbaikan-perbaikan sehingga destinasi Rinjani yang menjadi kebanggaan dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Wagub juga mengingatkan agar pelayanan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 di seluruh destinasi wisata yang ada, khususnya di wilayah Sembalun.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga meminta masyarakat Sembalun yang berada di daerah destinasi wisata harus dapat lebih memahami dan menerapkan protokol kesehatan covid-19 sehingga dapat dicontoh oleh para pengunjung wisata.

Senada dengan penyampaian Bupati, Wagub juga berharap supaya jalur pendakian menerapkan satu pintu, tidak boleh ada lagi para pendaki melalui jalur pendakian ilegal atau yang sering disebut jalur tikus.

Lebih lanjut Wagub juga menyampaikan bahwa kebersihan lingkungan di jalur pendakian harus tetap dijaga dan diperhatikan dengan melakukan breaving terhadap para pengunjung serta pariwisata dan kelestarian alam harus ditingkatkan.

Kapolres Lotim melalui Kasubbag Humas, IPtU Lalu Jaharudin berharap, dengan adanya beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Pusat, Pemprov dan Kabupaten, masyarakat NTB dan Lotim khususnaya bisa lebih sejahtera lagi dan merasakan dampak positif dari destinasi wisata yang dimiliki. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama