Event Roadshow Persesean di Lotim Berjalan Meriah dan Antusias - OPSINTB.com | News References -->

Sunday, August 18, 2019

Event Roadshow Persesean di Lotim Berjalan Meriah dan Antusias

Event Roadshow Persesean di Lotim Berjalan Meriah dan Antusias


OPSINTB.com - Presean yang digelar oleh Kamarudin atau kerap disapa Amaq Mila bersama sukarelawan/masyarakat di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) berjalan meriah dan antusias.

Event Roadshow Presean dengan tema Pesona Gumi Selaparang itu dilakukan mengingat permintaan masyarakat yang sangat banyak. Bahkan beberapa permintaan event di beberapa kecamatan tidak bisa dipenuhi. Hal itu karena kecamatan lain sudah menunggu disebabkan sudah banyaknya permintaan. Hingga saat ini event tersebut masih berlangsung di Lenek yang merupakan kecamatan baru terbentuk di Lotim, Nusa Tenggara Barat.

Amaq Mila mengajak masyarakat iuran dalam mengadakan hiburan rakyat secara bersama-sama dan masyarakat sangat antusias berbondong bondong membeli tiket untuk nonton Presean. Hasil penjualan tiket tersebut untuk membiayai Pepadu (pemain) yang dihadirkan.

“Beda halnya dengan Gendang Beleq, kalau Gendang Beleq kita tiketkan siapa yang mau nonton, bukan berarti saya tidak mau gelar tontonan Gendang Beleq," ujar Amaq Mila di Sikur saat ditemui opsintb.com, Minggu 17/08/2019.

Menurutnya, tontonan Presean ini punya daya tarik yang beda dengan yang lain.
Oleh karena itu pemerintah harus lebih responsif terhadap kegiatan-kegiatan rakyat sebagai pendukung Pariwisata yang sedang dikembangkan di daerah.

“Berhubung kegiatan Peresean ini di beberapa titik Roadshow sudah digelar, ke depan nantinya minimal pemerintah menganggarkannya secara khusus untuk mengurangi beban biaya penyelenggara bila perlu digratiskan untuk nonton,” ucap Amak Mila yang sekaligus sebagai Pemerhati Budaya.

Lebih lanjut dituturkan Amaq Mila bahwa partisipasi masyarakat sangat luar biasa, karena dari lapangan ke lapangan lain antusias masyarakat sangat tinggi. Maka harapan kita semua baik dari pemerintah maupun pelaku pariwisata ini bisa ditentukan sebagai destinasi wisata budaya peresean di Lotim.

Untuk itu, tahun depan diselenggarakan secara terus menerus di semua tempat. Sebab pelaksanaan event tersebut dilaksanakan minimal sepuluh hari.

Melalui Lembaga Kesenian dan Kebudayaan Pemban Selaparang (LKKPS) pada tahun 2019 ini telah mengadakan event Peresean sebanyak 5 kali dan waktunya masing-masing 10 hari.

Event Roadshow Presean di Lapangan Teros

Kegiatan pertama dimulai dari Lapangan Umum Sukamulia, kemudian digelar di Sembalun dalam rangka HUT Bayangkara, dilanjutkan ke Lapangan Umum Tanjung Teros, kembali lagi ke Kecamatan Sukamulia dan Lapangan Desa Setanggor. Sekarang di Lapangan Kecamatan Lenek dalam rangka HUT RI ke 74 dan akan dilanjutkan di Festival Masbagik yang rencananya akan berlangsung dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 10 September 2019. Meski begitu masih banyak permintaan lain yang belum bisa dipenuhi.

Semua ini tidak terlepas dari semangat kita membangun daerah dengan melestarikan Kebudayaan serta meningkatkan nilai nilai Budaya Lokal.

"Semoga kedepan pihak terkait dalam hal ini pemerintah lebih responsip terhadap kegiatan yang digelar masyarakat sebagai destinasi wisata budaya," tegas Amaq Mila.(rj)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama