Libur Lebaran, Tarif Parkir 'Cekik' Wisatawan - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 11 Juni 2019

Libur Lebaran, Tarif Parkir 'Cekik' Wisatawan

Libur Lebaran, Tarif Parkir 'Cekik' Wisatawan

OPSINTB.com - Libur Lebaran memang sudah usai, puncaknya tepat pada hari Minggu, 9 Juni 2019 lalu.

Namun sayang, libur lebaran banyak dimanfaatkan oknum juru parkir nakal di beberapa obyek wisata Lombok Timur (Lotim). Oknum juruk parkir 'cekik' wisatawan. Mereka melipat gandakan tarif parkir hingga seratus persen lebih, bahkan berlipat-lipat.

Taman Wisata Pusuk Sembalun contohnya, sesuai penelusuran tim opsintb.com, oknum juru parkir memasang tarif lima ribu rupiah untuk roda dua. "Loh kok mahal ya, biasanya kami bayar parkir dua ribu," kata salah seorang wisatawan Pusuk Sembalun, Sani, 8/6/2019.

Kawasan parkir Taman Wisata Pusuk Sembalun

Tim kami juga menemukan kejadian tak jauh berbeda, yakni di kawasan wisata pantai bagian utara Lotim. Saat wartawan menanyakan terkait mahalnya tarif parkir, mereka justeru berdalih, hal itu dilakukan sebagai pertanggungjawaban mereka jika kendaraan wisatawan hilang.

Kejadian memalukan yang dilakuan oknum juru parkir tersebut tentu membuat wisatawan risau. Apalagi di beberapa lokasi wisata, mereka tidak dilengkapi tanda pengenal.

Namun apa pun alasannya, tindakan mereka tidak dibenarkan bahkan melanggar Peraturan Daerah (Perda). Dalam Perda Nomor 11 tahun 2010, dengan jelas diatur tarif parkir untuk roda dua yakni Rp 1000 dan roda empat Rp 2000.

Dunia pariwisata memang sebuah industri bagus untuk perkembangan suatu derah. Namun bukan untuk menyalahi aturan daerah dengan memperlakukan aturan semena-mena guna memperkaya diri.

Dalam hal ini, pemangku kebijakan atau pemerintah daerah, khususnya Dinas Pariwisata Lotim, diharapkan segera mengambil tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang bersangkutan. Jika mereka dibiarkan maka hal ini akan menjadi budaya, sehingga akan berentet pada semua obyek wisata Lotim. Jika sudah begini, maka citra wisata kita akan tercoreng. (Hen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama