Portal NTB Satu Data bisa jadi rujukan tugas kuliah dan skripsi - OPSINTB.com | News References -->

27/12/21

Portal NTB Satu Data bisa jadi rujukan tugas kuliah dan skripsi

Portal NTB Satu Data bisa jadi rujukan tugas kuliah dan skripsi

 
Portal NTB Satu Data bisa jadi rujukan tugas kuliah dan skripsi

OPSINTB.com - NTB Satu Data menjadi salah satu program unggulan Pemprov NTB dan terus mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu. Sehingga NTB Satu Data dapat dijadikan pijakan untuk perencanaan pembangunan NTB Gemilang.

Salah satu big data milik NTB ini, bahkan diakui sangat handal karena memiliki kualitas data serta dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga banyak digunakan oleh masyarakat, mahasiswa, dan akademisi untuk keperluan tugas kuliah, riset, kajian, dan keperluan lainnya.

Salah satu akademisi, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Unram, Hartin Nur Khusni mengatakan, keberadaan portal NTB Satu Data menjadi kebutuhan yang sangat penting dan bermanfaat, ketika melakukan aktifitas akademis. Seperti untuk kajian-kajian, riset dan penelitian lainnya.

"Saya pernah punya pengalaman riset terkait dengan komunikasi dan mitigasi bencana di masa pandemi, sehingga mengenal NTB Satu Data yang digagas Dinas Kominfotik NTB sebagai informan penelitian," kata Hartin pada acara Bincang Gemilang, secara offline dan online melalui medsos akun resmi Pemerintah Provinsi NTB, dengan mengusung tema NTB Satu Data, Senin (27/12/ 2021) di Aula Gemilang Diskominfotik NTB.

Bahkan kebutuhan tugas atau laporan untuk mahasiswa yang membutuhkan data, sangat penting dengan adanya NTB Satu Data ini. Baik dalam menyelesaikan penyusunan tugas skripsi atau tugas menyelesaikan tesis.

Diakuinya bahwa selama ini, kerap memperoleh data dengan cara konvensional. Seperti harus mengajukan surat atau pemberitahuan, kemudian harus menunggu izin dan jawaban dari OPD atau lembaga sumber data. Untuk meminta data statistik atau kebutuhan data yang lainnya. Tetapi jika membutuhkan data yang spesifik harus melalui interview.

"Setelah kami mengetahui keberadaan NTB Satu Data, begitu mudah dan tanpa berurusan dengan birokrasi yang lama, bisa memperoleh data sektoral untuk kebutuhan kami," ujar dosen Ilmu Komunikasi Unram ini.

Namun ia berharap ke depan, data ini terus sempurnakan dan dilengkapi agar terus lebih terupdate lagi. Selain data yang bersifat statistik, kebutuhan data yang lebih naratif juga harus
tersedia.

Ia juga sangat mengapresiasi keberadaan portal NTB Satu Data yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB, dalam upaya mewujudkan Good Govermance dan bentuk transparansi pemerintah kepada publik.

Selain itu, Hartin juga berharap di era pesatnya pengguna teknologi IT, portal NTB Satu Data, dapat meraih urutan teratas dalam pencarian data tentang NTB di pencarian mesin google. Sehingga memudahkan masyarakat cepat memperoleh kebutuhan data.

"Ketika kami mencari data, misalnya tentang perempuan, maka kami akan diarahkan ke link atau alamat daring teratas , yaitu portal NTB Satu Data, dalam mesin pencarian google," tutupnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama