Mahasiswa UNHAM pamer karya di depan Menkop - OPSINTB.com | News References -->

20/11/21

Mahasiswa UNHAM pamer karya di depan Menkop

Mahasiswa UNHAM pamer karya di depan Menkop

 
Mahasiswa UNHAM pamer karya di depan Menkop

OPSINTB.com - Mahasiswa Universitas Hamzanwadi (UNHAM) memeperkenalkan karyanya berupa Self E-Monitoring (Selmo) dan Hidroponik Monitoring (Himo) kepada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki saat meninjau pameran produk UMKM di STIPark NTB, Sabtu (20/11/2021).

Sebelumnya, kedua produk andalan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika itu mempresentasikan sekaligus meluncurkan kedua karya inovasi berbasis Internet of things (IoT) di hadapan para petinggi selingkungan Pemprov NTB, Rabu (17/11/2021).

Sekretaris Tim Mahasiswa UNHAM, Mirzan Agus Pratama sebagai pembicara mengatakan, karya berupa Hidroponik Monitoring (HIMO) ini
merupakan inovasi hidroponik (tanaman air) berbasis IoT yang mampu memantau data yang dibutuhkan oleh hidroponik  secara real time dengan kemudahan untuk mempersingkat tenaga dan waktu secara efisien.

Teknologi Himo ini juga bisa digunakan untuk penelitian pertumbuhan tanaman dengan data yang dapat diunduh secara berkala untuk perkembangan secara akurat, yang langsung terintegrasi dengan Android System melalui Aplikasi Farm IoT," paparnya di depan Menkop dan UKM RI, Kadis Dikbud NTB, dan Kepala UPTD STIPark NTB.

Sedangkan Self E-monitoring (SELMO) untuk memonitoring pasien isolasi mandiri jarak jauh secara real time dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai transformasi data sehingga memberikan kecepatan pengiriman data dan memberikan keefesienan waktu dan jarak, sehingga analisa untuk pengambilan keputusan penanggulangan lebih akurat.

"Mungkin cuma kami yang beda produknya di sini pak. 
Tapi kami yakin produk kami yang sekarang dalam tahap riset dapat segara bisa kami kembangkan dan mampu untuk dimanfaatkan. Selain itu, SELMO mampu memantau suhu ruangan, suhu tubuh, BPM dan kadar oksigen. HIMO juga bisa memantau pH air, PPM, EC dan suhu air," ungkap mahasiswa semester V itu.

Usai pemaparan itu, Menkop Teten Masduki menyambut baik karya 10 orang mahasiswa yang magang di STIPark Banyumulek Lombok Barat lewat Magang Industri Program Kompetsi Kampus Merdeka (PKKM).

"Ini harus dikembangkan. Kita juga disana mengambangkan farming berbasis IOT. Mahasiswa ini harus ke Semarang untuk mengembangkan risetnya supaya dapat hasil yang dapat di manfaatkan," tegasnya.

Kegiatan pameran yang dilaksanakan STIPark NTB untuk mendorong kreativitas dan inovasi UMKM, sekaligus menjadi upaya promosi hasil karya anak-anak di NTB yang tidak kalah saingnya dengan daerah lain di Indonesia.

Barang-barang UMKM yang dipamerkan mulai dari kerajinan tangan sampai makanan ringan. 
Bagi pengusaha pemula, pameran ini merupakan sarana yang efektif untuk mempromosikan produknya.

Selain untuk ajang promosi, tujuan pameran ini untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat produknya. Sehingga bukan hanya membeli produk, namun setia menggunakannya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama