Disnakertrans Lotim minta seluruh kades cegah penyaluran CPMI ilegal - OPSINTB.com | News References -->

09/11/21

Disnakertrans Lotim minta seluruh kades cegah penyaluran CPMI ilegal

Disnakertrans Lotim minta seluruh kades cegah penyaluran CPMI ilegal

 

Disnakertrans Lotim minta seluruh kades cegah penyaluran CPMI ilegal

OPSINTB.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) meminta kepada seluruh kepala desa (kades) dan jajarannya, turut serta memutus mata rantai penyaluran Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) non prosedural (ilegal).

Caranya, kades bisa langsung berkoordinasi atau melapor kepada Disnakertrans Lotim.

"Pak kades segera koordinasi pada kami kalau ada masyarakat yang bekerja atau hendak pergi bekerja ke luar negeri tanpa prosedur," ungkap Bambang Dwi Minardi, Kasi Informasi Kerja Penempatan dan Perlindungan pada Disnakertrans Lotim, pada acara Workshop yang dihadiri oleh seluruh kades dan sekdes di Lesehan Bidara Rarang, Selasa (9/11/2021).

Dalam prosedur pencegahan ini, lanjut Bambang, setelah pihaknya mendapat laporan dari kades, selanjutnya Disnakertrans berkoordinasi dengan P2MI untuk diteruskan ke KJRI yang ada di luar negeri untuk segera ditindaklanjuti.

Pasalnya, kewenangan wilayah dari Disnakertrans hanya sebatas Lotim saja. Dan ketika PMI sudah berada di luar negeri, maka itu akan menjadi tugas P2MI yang berkoordinasi dengan KJRI. "Kita Disnaker hanya sebatas di Lotim saja," katanya.

Selain dengan upaya itu, lanjut Bambang, para kades juga bisa melakukan pencegahan PMI ilegal dengan cara mengirim foto KTP CPMI kepada Disnakertrans. Namun ia meminta agar upaya ini dilakukan dengan cepat, jangan sampai berbulan-bulan baru dilaporkan. 

"Dengan foto KTP ini, kita bisa laporkan ke P2MI. Kemudian CPMI dicegah untuk berangkat ke negara tujuan," pungkasnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama