Pro kontra Lotim Net di tengah masyarakat. Ngebut atau lelet? - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 14 Oktober 2021

Pro kontra Lotim Net di tengah masyarakat. Ngebut atau lelet?

Pro kontra Lotim Net di tengah masyarakat. Ngebut atau lelet?

 
Pro kontra Lotim Net di tengah masyarakat. Ngebut atau lelet?

OPSINTB.com - Program Internet Desa Pintar Lombok Timur (Lotim Net) sudah selesai dikerjakan dan percobaan pun sudah dilakukan. Namun di tengah-tengah masyarakat ada pro dan kontra terhadap program ini. Terutama soal kecepatan aksesnya.

Kadis Kominfo Lombok Timur, Ahmad Masfu juga mengakui bahwa tanggapan masyarakat terhadap Lotim Net ada pro dan kontra. Terlebih saat masih belum mengunakan vocer, internet diguyur secara kolektif sehingga kekuatan internet otomatis tidak bisa memenuhi semua pengguna. Karena itu, jaringan internet terkadang menjadi lelet.

Tetapi, setelah dicoba mengunakan vocer, kekencangan internet menjadi luar biasa. "Jadi ketika mengunakan vocer ini satu orang sudah bisa menggunakan internet unlimited selama satu bulan dan kecepatannya luar bisa. Itu yang di akui masyarakat," kata Masfu, Kamis (14/10/2021).

Sementara masyarakat yang kontra, lanjutnya, bisa diduga dari beberapa sisi pandang. Misal, saat ini ada pelaku usaha internet RT RW, mungkin keberadaan Lotim Net ini dianggap sebagai saingan. 

"Ini mungkin loh, tetapi tujuan sebenarnya bukan begitu, Lotim Net ini adalah mengakses internet di desa dulu dan di perangkatnya seperti kadus sehingga kinerja pemerintah desa itu bisa terkoneksi dengan maksimal dan secara online ke kabupaten," ucapannya.

Untuk itu, masih kata Masfu, dalam program ini juga ada peluang usaha kalau dimanfaatkan oleh desa, yaitu bisa menjual vocer Lotim Net kepada masyarakat bila dimanfaatkan. Dan bila tidak pun itu cukup untuk menunjang kinerja pemerintahan desa. 

"Sehingga bisa dikatakan, ini bukan saingan pelaku usaha internet RT RW yang ada di masyarakat kita," jelasnya.

Namun, kalau usaha internet RT RW ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik, dengan sendirinya masyarakat juga akan memilih mana yang lebih baik untuk digunakan.

"Jadi kalau Lotim Net dianggap lelet atau apa, nanti masyarakat juga tidak akan memilih Lotim Net," kata Masfu.

Yang paling penting, harap Masfu, pemerintah desa bisa memanfaatkan Lotim Net ini untuk menunjang kinerja pemerintahanya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama