Wabup sayangkan 228 Ormas di Lotim belum melapor - OPSINTB.com | News References -->

30/09/20

Wabup sayangkan 228 Ormas di Lotim belum melapor

Wabup sayangkan 228 Ormas di Lotim belum melapor


OPSINTB.com - Peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) diharapkan dapat semakin ditingkatkan pada masa pandemi covid-19. Ormas sangat diharapkan mendukung Pemerintah dalam upaya sosialisasi serta revitaliasi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Hal tersebut menjadi salah satu poin yang disampaikan Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi Sj pada sambutannya sebelum membuka acara Sosialisasi Pembinaan Ormas di Kabupaten Lombok Timur tahun 2020 yang berlangsung Rabu (30/09/2020).

Ormas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dinilai Wabup memiliki peran penting dalam upaya sosialiasi dampak covid-19 dan upaya pencegah yang dapat dilakukan menekan laju penyebarannya
Pada masa pandemi ini.

Wabup menjelaskan, Pemerintah terus berupaya untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat, utamanya dari bawah. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui program Lombok Timur Berkembang sebagai salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Program yang memberikan subsidi bunga untuk kredit usaha rakyat (KUR) ini diharapkan dapat menyokong usaha ekonomi masyarakat, tidak saja pada masa pandemi ini melainkan secara berkesinambungan di masa-masa mendatang.

Wabup juga mengingatkan agar Ormas dapat menguatkan internalnya, dengan mencegah konflik internal yang dapat memicu disharmonisasi masyarakat, seperti yang pernah terjadi beberapa decade lalu. Karenanya Wabup meminta agar Ormas mendalami undang-undang Ormas untuk memahami dan mencegah disharmonisasi dalam internal Ormas.

Wabup juga menggarisbawahi bahwa 228 dari 371 Ormas yang ada di daerah ini belum melaporkan diri. Mengingat posisi strategis Ormas sebagai mitra Pemerintah, Wabup menyayangkan kondisi tersebut. Karenanya dia meminta agar Ormas dapat segera melaporkan diri termasuk memenuhi regulasi yang ada.

Sosialisasi Pembinaan Ormas yang mengambil tema Revitalisasi Peran dan Fungsi Organisasi Kemasyarakatan Menuju Terwujudnya Lombok Timur Adil, sejahtera, dan Aman tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi Ormas dalam perannya sebagai mitra Pemerintah, utamanya pada masa pandemi covid-19.

Kegiatan yang dilasanakan Bakesbangpoldagri Lombok Timur tersebut diikuti 80 Ormas, Pondok Pesantren, Organisasi Kemahasiswaan, termasuk Camat, Lurah dan Kades yang ada di Lombok Timur.

Acara ini juga dihadiri pula kasubdit kemitraan dan pemberdayaan Ormas yang mewakili Direktur Ormas Kemendagri RI, Kepala Kesbangpoldagri Provinsi NTB, serta Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama