Bupati Lotim Monitoring Kawasan Wisata Savana Propok - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 19 Juli 2020

Bupati Lotim Monitoring Kawasan Wisata Savana Propok

Bupati Lotim Monitoring Kawasan Wisata Savana Propok

Bupati Lotim Monitoring Kawasan Wisata Savana Propok

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy beserta Forkopimda didampingi kepala balai TNGR, TNI-Polri serta rombongan melakukan monitoring lokasi wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), tepatnya di Savana Propok, Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Jumat 17/7/2020.

Monitoring dilakukan sebagai bahan evaluasi pasca dibukanya lokasi wisata pendakian di kawasan TNGR beberapa waktu lalu.

Bupati dan rombongan melakukan monitoring selama dua hari dengan cara menyisir rute pendakian menuju Bukit Kondo hingga survey lokasi di Padang Savana Propok 1 dan Propok 2.

Hasil monitoring, Bupati dan rombongan mencatat ada beberapa hal yang masuk daftar evaluasi dan perbaikan terhadap fasilitas dan pelayanan di destinasi wisata setempat. "Terutama jalur pendakian," kata Sukiman.

Jalur pendakian menuju Bukit Kondo dan Savana Propok dinilai sangat berbahaya, terjal dan curam. Untuk itu dia menghimbau agar TNGR dan pengelola lokasi wisata segera memperbaiki jalur pendakian dengan menyediakan alat pengaman di beberapa jalur yang dinilai ekstrim dan berbahya, misalnya tali dan besi pembatas. "Ini demi keamanan dan kenyamanan pendaki," imbuhnya.

"Pengelola juga harus membuka jalur alternatif yang lebih aman dan tidak terlalu ekatrim. Agar masyarakat ada pilihan, misalnya dari jalur Sembalun," sambungnya.

Dan, melihat jalur yang cukup ekstrim, pada saat itu pula Bupati langsung memberi teguran kepada pengelola wisata setempat agar membatasi jumlah keberangkatan pendaki/rombongan. Setiap rombongan pendaki diberangkatkan secara bergiliran. Tak lain, hal ini untuk menekan resiko kecelakaan.

Selain itu, Bupati juga menyerukan agar pengelola wisata selalu mematuhi protokol kesehatan covid-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan, mengukur suhu pengunjung dan lain sebagainnya.

Selebihnya, kata Bupati, Savana Propok sangat indah. Savana hijau dikelilingi bebukitan ditambah view Gunung Rinjani, dikatan sangat cocok bagi pendaki dan pencinta wisata.

Menanggapi evaluasi Bupati, Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady mengatakan akan segera memperbaiki Prosedur Operasi Standar (SOP) untuk kawasan wisata Savana Propok dan umumnya di kawasan wisata TNGR.

"Nanti kita akan perbaiki SOP yang lebih tehnis, seperti pengunjung yang dibatasi dan beban jalur yang perlu ditata. Sesuai catatan pak Bupati," pungkas Dedy. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama